Senin, 11 Mei 2009

ANALISIS NH3, CO, DEBU DAN CEMARAN LOGAM Pb DALAM UDARA AMBIEN DISEPANJANG JL. S. PARMAN – ULAK KARANG PADANG

Hinur Awa1 Silvania Lorina, M.Si.2

1Siswa Kelas 4 SMAK Padang

2Guru Pembimbing SMAK Padang

ABSTRAK

Lingkungan hidup sangat mempengaruhi kualitas kehidupan makhluk hidupnya. Salah satu faktor lingkungan yang penting dalam kehidupan ini adalah udara. Udara adalah suatu unsur kimia yang sangat berperan penting didalam kehidupan manusia, diantaranya adalah untuk bernafas, untuk pembakaran dan untuk aktifitas lainnya. Pencemaran udara saat ini harus sangat diwaspadai, karena sejumlah zat pencemar yang ada diudara seperti CO2, NH3, SO2, Ox, dan logam Pb semakin meningkat. Kehadiran bahan atau zat pencemar ini dalam udara dalam jumlah tertentu serta berada di udara dalam waktu yang cukup lama, akan dapat mengganggu kehidupan makhluk hidup.

Penelitian ini bertujuan untuk menetukan kualitas uadara ambient pada udara disekitar jalan S. Parman – Ulak karang padang, penentuan kualitas udara ambient ini ditentukan dengan metode spektrofotometer serpan atom untuk penentuan logam Pb, metoda biru indofenol untuk penetuan NH3, metoda gravimetri untuk penentuan kadar total partikel melayang (debu), metoda alat analyzer untuk penentuan kadar CO. Hasil penelitian menunjukan bahwa kadar NH3 adalah 0,000653 mg/L dan 0,000493 mg/L; Pb sebesar 0,2605 µg/m3 dan 0,9170 µg/m3; debu sebesar 203.9 mg/m3 dan 115.2 mg/m3; CO sebesar 27 ppm dan 0 ppm. Udara ambient disekitar jalan S.parman sampai ulak karang padang memiliki kualitas udara yang masih berada dibawah ambang batas dan baku mutu udara ambient.

ABSTRACT

Live cyrcle is very influence to live thing life. One of the important cyrcle factor in this live is the air. The air is an chemistry principle that very important to human live, which is breathing, burning, and the other activities. Dirtied air today have to be watched, because a number of dirtied matter in the air example CO2, NH3, SO2, OX and the other Pb metal increasing. Presence a number of thing or an matter dirtied in the air and stand there in a long time, will disturb live thing life.

This examination are to ascertain quality ambient air in the air around S.Parman street – Ulak Karang Padang, this quality ambient air ascertain certainted by Atomic Absorbtion Spektrophotometer for Pb metal, blue indophenol metode to certainty CO. the result of this examination showed that value NH3 are 0.000653 mg/L and 0.000493 mg/L;Pb are 0.2605 µg/m3 and 0.9170 µg/m3 ; dust are 203.9 mg/m3 and 115.2 mg/m3; CO are 27 ppm and 0 ppm. Ambient air around S.Parman street –Ulak Karang Padang have quality air wich is still under line standar quality air ambient.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar