Senin, 11 Mei 2009

ANALISIS SUSU BUBUK KILOAN YANG BEREDAR DI PASAR RAYA PADANG

Mira Sylvia1Yuliar, M.Si.2

1Siswa Kelas 4 SMAK Padang

2Guru Pembimbing SMAK Padang

ABSTRAK

Analisis susu bubuk kiloan ini didasari atas banyaknya masyarakat Kota Padang yang menggunakan susu bubuk kiloan untuk membuat kue dan proses pembuatannya yang menambahkan tepung.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kadar karbohidrat, kadar protein, ada atau tidaknya menggunakan pewarna tambahan dan bahan pengawet serta menentukan kadar logam Pb dan Fe dalam susu bubuk kiloan yang beredar di pasar Raya Padang.

Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda iodometri untuk penentuan karbohidrat, metoda semi mikro kjeldahl untuk penentuan protein, metoda penyerapan warna dengan bulu domba untuk untuk penentuan zat warna, uji kualitatif dengan FeCl 0,5% untuk penentuan bahan pengawet serta Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS) untuk penentuan logam Pb dan Fe.

Dari penelitian ini didapatkan bahwa kadar karbohidrat 20,60% dan kadar protein 46,41%. Pada susu bubuk kiloan ini tidak ada zat warna dan bahan pengawet yang ditambahkan. Sedangkan logam Pb dalam susu bubuk kiloan ini 8,67 mg/kg dan logam Fe 62 mg/kg.

ABSTRACT

This by-kilogram powdered milk analysis is based on the number of the people of Padang City who consume the powdered milk in the processes of making cakes.

The objective of this analysis is to define the carbohydrate content, protein content, using or not using supplemented colour-essence and preservative, and to define the timbale metal and iron contents in the by-kilogram powdered milk marketed at the central market Padang.

The methodes applied in this analysis is iodometry as to assess the carbohydrate content, the semi micro kjeldhal methode as to assess the protein content, the method of colour absorption by using wool for defining the colour-essence, qualitative test with FeCl3 0.5% for defining the preservative and Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS) for defining timbale metal and iron metal.

Found in these practices that the content of carbohydrate is 20,60%, protein is 46,41%. Neither colour-essence nor preservative are added, while the timbale metal and iron metal contents are respectively 8,67 mg/kg and 62 mg/kg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar