Senin, 11 Mei 2009

PEMERIKSAAN ERITROSIT, LEKOSIT DARAH DAN BILLIRUBIN, UROBILLIN URINE PADA PENDERITA TIPUS

Fanni Desvita1 Erlina2

1Siswa Kelas 4 SMAK Padang

2Guru SMAK Padang

ABSTRAK

Demam tipus merupakan penyakit sistematik akut yang disebabkan infeksi Salmonella Typhosa dan erat kaitannya dengan penyediaan air bersih, sanitasi lingkungan yang tidak memenuhi syarat kesehatan.

Demam tipus merupakan penyakit endemik yang masih merupakan masalah kesehatan. Penyakit ini di temukan sepanjang tahun. Tidak ada kesesuaian paham mengenai hubungan antara musim dan peningkatan jumlah kasus. Ada penelitian yang mendapatkan peningkatan jumlah kasus pada musim hujan, ada yang mendapatkan peningkatan jumlah kasus pada musim kemarau dan ada pula yang mendapatkan peningkatan jumlah kasus pada peralihan antara musim hujan dan musim kemarau.

Metoda yang digunakan pada praktikum ini adalah metoda mikroskopis untuk pemeriksaan eritrosit dan lekosit darah. Serta metoda makroskopis untuk pemeriksaan billirubin dan urobillin urin. Dari praktikum yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa eritrosit normal, jumlah lekosit tinggi, hasil billirubinnya negative serta urobilinnya positif.

ABSTRACT

Typus fever is a systematic acute, disease, that caused by Salmonella Typhosa, and it tight relation with the clean water supply, environment sanitation that not feel to health condition.

The disease found in along years. Concept is not in accordance about connection between season and total increase of problem. There are research that get total increase of problem in rain season, and get total increase of problem in dry season and also get total increase of problem in transition between dry season and rain season.

Typus fever is an endemic disease that still be health problem.The method used this practice are microscopic method to eritrosit and lecosit inspection, and macroscopic method to billirubin and urobillin urine inspection. From this practice, get the conclusion that, eritrosit total is normal, lecosit total is higher, billirubin is negative and urobillin is positive.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar