Senin, 11 Mei 2009

PEMERIKSAAN LENGKAP URINE BAYI

Dona Novia Marta1 Erlina2

1Siswa Kelas 4 SMAK Padang

2Guru SMAK Padang

ABSTRAK

Kehadiran seorang anak adalah kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu. Anak yang terlahir kedunia ada dalam keadaan sempurna organ tubuhnya dan ada yang tidak , ada yang dilahirkan dalam keadaan sehat dan ada juga yang tidak. Ketika anak telah lahir ke dunia banyak para ibu yang kurang mengetahui tentang kesehatan bayinya, hal ini bisa terjadi karena kurangnya ilmu pengetahuan dan rasa ingin tahu para ibu tentang pentingnya kesehatan anak sejak dini terutama bayi yang belum diberi makanan tambahan.

Untuk mengetahui kelainan pada bayi perlu dilakukan pemeriksaan urin lengkap yang meliputi pemeriksaan fisis, protein, reduksi, billirubin, urobillin dengan metoda makroskopis dan unsur – unsur sediment urin dengan metoda mikroskopis, dimana dari hasil pemeriksaan tersebut dapat diketahui kelainan / penyakit yang diderita bayi yang dibandingkan dengan batas normal.

Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan sepuluh bayi yang sampelnya diambil secara acak dapat disimpulkan bayi – bayi tersebut cukup sehat dengan arti kata tidak ada penyakit yang dibawa dari lahir atau penyakit turunan.

ABSTRACT

Born of child is the big happines for a mom. There is a child was born in a perfect condition and there isn`t. There is a child was born in health condition and there isn`t. While a child was born almost of mother don`t know about her baby health, this condition happened because less knowledge about how important her baby health earlier.

For to erect the doagnosis need do the determination of urine that consist of phisis identification, protein, reduktion, billirubin, urobillin used macroscopic method and sediment identification with microscopic methode, from the identification we can know if a baby in abnormal or sick after we compare with the condition.

After do the identification for ten babies which the sample get with random methode we can conclude that the babies is in good condition or there is no desease that they get from their family.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar